Bangun Semangat Para Petani Sawit, Imam Suprastowo Sambangi Desa Gunung mas | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 06 Juli 2023

Bangun Semangat Para Petani Sawit, Imam Suprastowo Sambangi Desa Gunung mas

BERITABANJARMASIN.COM - Tanah Laut – Pupuk sangat penting untuk mendapatkan buah sawit yang berkualitas, karenanya hal ini merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam berkebun. Namun hal ini justru menjadi salah satu beban bagi petani sawit.

Dimana saat ini harga pupuk melonjak naik 300 % dan Tandan buah sawit turun sampai 400 per kilogramnya.

Bearanjak dari hal ini, Imam Suprastowo bersama para petani di Desa Gunung Mas tegaskan agar tidak terpaku dengan pupuk bersubsidi. Beliau mengatakan, petani harus kreatif ditengah kondisi saat ini dengan mensiasati pilihan pupuk yang lain. Senin (05/07) Siang.

“Karena ini lebih banyak lahan perkebunan, saya lebih fokus nantinya bagaimana para petani membuat pupuk organik. Kalau tidak di imbangi dengan pupum yang berasal dari ternak mereka, biaya produksi nya akan semakin tinggi,” ucap Politisi PDI-P itu.

Disamping itu, ia juga menyampaikan di desa ini sudah terbentuk Unit Pengolah Pupuk Organik (Uppo). Dengan harapan dapat menopang pembuatan pupuk yang optimal.

“Ini nanti kita ajak kerjasama dengan para petani yang ada di Kecamatan Batu Ampar ini. Sehingga nantinya para petani bisa membuat pupuk organik sendiri. Dengan harapan memotong biaya produksi mereka. Karena ini harus segera kita antisipasi mengingat harga pupuk melejit 3 kali lipat. Dan Insya Allah dalam waktu dekat, ini akan kita tindak lanjuti bagaimana masing-masing kelompok tani bisa membuat Pupuk Organik sendiri,” ujar nya.

Muji Slamet selaku Kepala Desa Gunung Mas sampaikan apresiasi nya dengan harapan lebih menyemangati para petani ditengah kondisi saat ini.

“Terima kasih Pak Imam yang selalu mendorong kami untuk meningkatkan hasil perkebunan kelapa sawit, semoga ini menjadi angin sejuk bagi kami untuk lebih semangat bergotong royong menciptakan pupuk organik,” pungkas Muji.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner